BEKASI, DAKTA.COM – Perpajakan di Indonesia kini semakin berkembang, maka dibutuhkan pula sumber daya manusia yang mumpuni di bidang perpajakan.

Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI) merupakan sekolah tinggi perpajakan satu-satunya di Indonesia dengan dosen-dosen yang berpengalaman dari para pensiunan pajak sehingga sangat menguasai dunia perpajakan.

“Di STPI tempat kuliah dan posisi gedung sangat strategis, akses menuju kampus mudah, gedung milik sendiri, ruang kelas ber AC, memiliki lab komputer lengkap,” papar Drs. H. Adam Anang  selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STPI saat Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Rabu (23/5).

Adam menyampaikan, didirikannya STPI atas dorongan dari Direktur Jenderal Pajak karena pada saat itu Indonesia sedang mengalami permasalahan di bidang pajak, sehingga dibutuhkannya SDM yang berkualitas di bidang perpajakan, maka dibangunlah STPI yang sudah berdiri sejak 22 tahun.

Sementara itu, menurut Eliza, SE. MM. selaku Sekretaris Program Studi STPI, yang hadir juga dalam talk show menyatakan, mata pelajaran yang harus dikuasai oleh mahasiswa perpajakan yaitu akuntansi.

“Mereka harus paham dan baca laporan akuntansi, jika mahasiswa belum menguasainya maka pembelajaran akan sulit,” terangnya Eliza.

Eliza menjelaskan, di STPI memiliki satu program studi yaitu perpajakan dan dua konsentrasi mata kuliah, Manajemen Perpajakan dan Akuntansi Perpajakan yang dipilih mahasiswa pada semester tiga, dengan Gelar Program Studi Perpajakan D-IV Sarjana Terapan Pajak.

Mahasiswa STPI sudah banyak meraih prestasi salah satunya lomba debat pajak yang menjadi juara umum, sedangkan kampus STPI sering membantu warga untuk mengurus Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat. Kampus STPI beserta program studinya sudah terakreditasi B.

Yusrizal, S.Kom. MM. selaku Kepala Bagian Akademik menginformasikan kampus STPI sudah membuka pendaftaran dan telah melakukan tes masuk gelombang ke-2, kisi-kisi bagi calon mahasiswa SMA IPA disampaikan Yus meliputi Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Matematika IPA.

“Sedangkan bagi SMA IPS meliputi Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Matematika, Banyak mahasiswa dari luar kota yang belajar di STPI,” ujar Yus.

Kampus STPI menjadi pilihan untuk rekan yang ingin menjadi ahli di bidang perpajakan yang profesional. Rekan dapat mengunjungi website STPI atau langsung datang ke kampus STPI di Jl. Matraman Raya No. 27, Jakarta Timur, 13140. **

Leave a Comment